Postcrossing: Panci Kuno Cina dan Air Terjun Brandywine

Hari Rabu kemarin saya sedang bahagia. Cengar-cengir sendiri bahkan ketika guru sedang mengajar.

Ente Mir, cuma hari ini aja seneng, bentar udah galau lagi macam biasa” ujar teman saya, Ojie.

Apa yang membuat dia sampai tega mengatakan saya seperti itu. Oh, ternyata kawan, saya baru saja menerima kartu pos pertama.

Kartu pos pertama saya ! Dan langsung dua lembar.

Saya sudah 3 bulan terdaftar secara resmi di postcrossing.com, tempat nya para pencinta kartu pos untuk bertukar pengalaman-pengalaman menarik mereka melalui secarik kartu tebal. Dan saya belum pernah sekalipun menerima selembar kartu. Ketika melihat kawan-kawan blogger lain berhura-hura dan pamer-pameran kartu, saya hanya bisa buka mulut dan komentar ala kadarnya di blog mereka. Saya iri !

Sempat terpikir kenapa tidak secarik kartu  yang menghampiri dayah saya ? Apa alamat saya yang salah ? Atau ustad bagian keamanan yang lupa memberikan nya kepada saya ? Atau tukang pos nya lagi yang lupa mengantar kartu saya ? Atau kartu saya hilang dalam perjalanan ? Dan atau-atau lain yang terus berputar di jidat saya.

Tapi semua pertanyaan itu menguap dengan kedatangan dua carik kartu pos yang dikirim dan sampai dalam waktu yang sama pula ! Saya salah, mengirim kartu pos itu menuntut kesabaran yang tinggi. Karena bisa berminggu-minggu kemudian kartu yang kita kirim sampai atau berhari-hari kemudian akan ada kartu yang menghampiri kita. Namun di situlah keasikan postcrossing. Selalu ada kejutan di setiap tatapan pertama.

Untitled-2

Untitled-1

Kartu pos bergambar panci (cooking vessel) ini berasal dari Cina. Panci nya sendiri merupakan peninggalan dari zaman kuno Cina, yaitu pada masa Dinasti Shang. Penjelasan lengkapnya ada di sudut kiri bawah. Panci nya unik. Semua teman saya yang ada melihat foto nya bertanya model panci macam apa itu ?

Untitled-4

Untitled-3Saya terkejut ketika melihat akun pengirim kartu pos ini. Dia adalah wanita Amrik berumur 65 tahun. Keren ya, udah tua masih kiriman kartu. Ini salah satu kehebatan postcrossing. Foto nya adalah Air terjun Brandywine, salah satu attraction di Taman Nasional Lembah Cuyahoga (Cuyahoga Valley National Park). Iseng saya googling tentang taman nasional itu. Dan ini adalah foto Air terjun Brandywine dari sisi seberang.

CVNP-Brandywine-Falls_-285w_Tom-Jones

Foto di kartu pos pasti diambil dari sisi sebelah kanan. Copyright: Tom Jones

Kalau kalian sadar, ada beberapa hal unik yang ada di kedua kartu itu:

  • Cara penulisan tanggal di Cina dan Amerika berbeda. Di kartu dari Cina cara penulisannya begini: 22/3/13, sama seperti kita. Tapi kalau di kartu Amrik ditulis bulan dulu baru tanggal: 3/22/13. Inikah perbedaan budaya timur dan barat ?
  • Kedua kartu itu dikirim pada hari yang sama sekaligus sampai ke tangan saya pada hari yang sama pula. Keren !

Dengan dua kartu ini, hobi postcrossing saya ini jadi makin mengasikkan saja ! Happy postcrossing ! :D

Saleum LonTuan dari Tanoh Atjeh.

6 thoughts on “Postcrossing: Panci Kuno Cina dan Air Terjun Brandywine

  1. Oi oi oiii… hahaha, kita sama nih. Sama-sama pendatang baru di postcrossing. Sama-sama dapet 2 kartu pertama. Dan… sama-sama dari Amerika Serikat dan Cina coret aka Taiwan

    *salaman*

    Like

  2. hobi juga?
    sama nii..
    baru dapat 7 postcard..
    memang seru banget ikut postcrossing..
    ^^v
    ngmg2 anak dayah? dayah mana?
    agak surprise dengar anak dayah hobi ikut postcrossing..
    :-)
    soalnya aku juga..
    hehe..

    Like

Leave a comment